Rabu, 06 Agustus 2008

tugas 2 filsafat

1.Carilah sumber lain yang memberikan makna tentang Philos, Shopos, Philei, dan Sophia?

Kata filsafat berasal dari kata “falsafah” dalam bahasa Arab dan berasal dari bahasa Yunani yaitu Philosophia, yang berarti “cinta kepada ilmu pengetahuan”.

Dalam bahasa Yunani Philosophia merupakan kata majemuk yang terdiri dari: philo dan Sophia. Sedangkan arti philosophia menurut Al-syrastani (w. 548 H/1153M) berarti mahabbah al-hikmah (cinta pada kebijaksanaan).

*Adapun pengertian kata Philos, Shopos, Philei dan Sophia yaitu:
1. kata Philo berarti cinta (loving), suka, kecendrungan pada sesuatu, dan dalam arti luas yaitu; ingin, oleh karena itu lalu berusaha mencapai yang diinginkan itu.
2. kata Sophia berarti kebijakan atau kebijaksanaan, ada yang mengatakan atau berarti pandai, berarti pengetahuan (wisdom, hikmah), dan ada juga yang mengartikan sophia sebagai kebenaran.

3. shopos berarti kebijaksanaan

4. philei berarti Persahabatan

Dalam bahasa yunani kata Philos artinya sahabat atau kekasih sedangkan Sophia artinya kebijaksanaan, pengetahuan, kearifan. Dengan demikian arti Philoshopos artinya cinta pengetahuan.

2. Menurut anda, untuk apa kita (akademis) belajar tentang filsafat?

Belajar filsafat berarti belajar untuk berpikir secara kritis dan mendalam, dengan memahami permasalahan yang ada dan yang terjadi, atau memfilsafatkan permasalahan.

Dengan belajar filsafat, maka kita akan berlatih untuk berpikir, menghasilkan buah pikir dari permasalahan yang ada, baik itu dapat dipahami dan dimengerti untuk diri kita sendiri ataupun untuk orang lain. Melalui proses berfilsafat inilah kita belajar untuk mengungkapkan pandangan dengan berpikir yang akan menghasilakan cara pandang yang berbeda. Berfilsafat, yakni memberikan alasan-alasan yang jelas dan baik, sehingga dapat dipahami dan diterima. Adapun kita sebagai mahasiswa, manfaat dan tujuan belajar filsafat yaitu; dari permasalahan yang ada dan sering terjadi, dapat kita hadapi dan ditangani dengan baik agar setiap pengambilan keputusan tidak asal begitu saja, tetapi kita mampu untuk memberikan berbagai pandangan dan pertimbangan supaya dapat mengambil syatu keputusan yang baik dan tepat. Kalaupun ada kekecewaan (kegagalan dan kesalahan) diakhirnya nanti atas keputusan yang telah kita pilih, maka itu sudah dipikirkan matang-matang dan akan bertanggung jawab atas konsekuensi yang akan terjadi, dan kemungkinan besar itu semua dapat diatasi dengan baik.

Tidak ada komentar: